Senin, 06 Agustus 2012

Budaya Sepakbola


Prolog
Oleh : Miftahudin
Sepakbola adalah olahraga yang paling diminati oleh seluruh penduduk dunia. Tak pandang kaya miskin, ini olahraga yang merakyat. Sejarah membuktikan bahwa sepakbola lebih dari sekedar olahraga, banyak hal-hal menarik yang dapat kita angkat. Sepakbola pernah menjadi simbol perlawanan terhadap imprealisme, perlawanan atas diskrimansi warna kulit, dan hak-hak yang terkekang. Bermodal slogan fair play yang bijak, punya makna filosofis yang tinggi, siap menang siap kalah. Sepakbola dapat memberi harapan untuk anak-anak jalan,anak-anak miskin untuk bermimpi dan berusaha. Afrika menjadi bukti atas sepakbola. Kemiskinan, kelaparan,krisis negara, anak terlantar  menjadi perhatian sepakbola. Banyak laga-laga amal untuk hal-hal tersebut. Sungguh indah sepakbola.
Sepakbola, selain permainan bola dari kaki ke kaki oleh dua kesebelasan, ada sisi yang menarik dari olahraga ini. Dalam tulisan ini nantinya saya akan banyak membahas pemain keduabelas atau suporter. Banyak hal menarik dari kelompok ini, ada istilah pride, loyal, and fanatism. Suar yang menyala-nyala, bendera yang berkibar-kibar, genderang yang menghentak, suara yang membakar, koreografi indah suporter, baner-baner dukungan dan kecaman tertata rapi di salah satu sudut stadion. Lebih tepatnya saya akan mengangkat isu-isu yang jarang dibahas dalam media. Hal ini dapat dikarenakan terlalu ekstrim untuk dikatahui olah publik. Seperti hadirnya fenomena garis keras ultras.
Dibalik keindahan sepakbola ada sebuah ketakutan atau ancaman yang mengerikan, perjudian, rasisme, korupsi, dan jual beli poin menjadi sudut gelap sepakbola. Ini menjadi keprihatinan kita bersama. Semoga noda-noda sepakbola segera terhapus dan kembali kedalam jati dirinya FAIR PLAY.
Bagi penulis sendiri sepakbola dapat dikatakan sebagai agama kedua. Banyak orang yang berpendapat begitu bagi yang cinta dengan olahraga ini. Mungkin diantara mereka aku masih level terbawah. Aku hanya melihat dibalik layar kaca saja. Tapi aku beruntung, aku dapat melihat sebuah karya indah dengan pernak-pernik yang menarik untuk dibahas. Dengan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar